Resep Membuat Sayur Kubis yang Lezat

Resep Membuat Sayur Kubis yang Lezat – Apakah Anda mulai bosan dengan berbagai macam hidangan sayur yang hanya melulu itu-itu saja? Jika Anda cukup bosan dengan hidangan yang seperti itu, kini tidak ada salahnya bila Anda mencoba membuat resep masakan sayur kubis yang satu ini. Karena, meskipun ada banyak menu sayuran yang dapat Anda pilih. Misalnya saja seperti sayuran yang sederhana hingga yang special.

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit pada Anjing sebelum Terlambat

Namun, tidak ada salahnya bila Anda mencoba sesuatu yang baru, dengan cara membuat sayur dari bahan masakan yang satu ini. Selain sederhana, masakan ini jauh lebih simple dan lebih praktis, sehingga hal ini membuat Anda bisa mendapatkan hidangan yang benar-benar akan menggoda selera Anda. Hidangan yang satu ini cukup terjangkau. Dimana sayur yang satu ini bukanlah sayur yang asing lagi.

Sayur Kubis

Sayur ini berbeda sekali dengan sayur yang lain. Rasanya sangat menggoda, kuah santannya juga begitu sempurna. Komposisi bahan beserta rempah-rempah yang digunakan begitu special, berbeda sekali dengan masakan sayur pada umumnya. Resep ini sangat menarik sekali, dan lezat sekali. Anda bisa mencobanya sendiri di dalam rumah. Mau tahu seperti apakah resep masakan yang satu ini? Di bawah ini adalah beberapa cara membuat sayur kubis yang nikmat, antara lain:

Waktu Memasak

Untuk memasak masakan sayur kubis yang satu ini, dibutuhkan waktu persiapan selama 40 menit. Dimana untuk proses memasaknya disini dibutuhkan waktu selama 35 menit. Jadi, bila dijumlahkan, untuk membuat sayur yang satu ini dibutuhkan waktu selama 1 jam 15 menit. Sedangkan untuk jumlah porsi yang dihasilkan dari sayur ini adalah sebanyak 6 porsi.

Bahan-Bahan

  • 500 gr kubis,
  • 300 gr tempe.
  • 5 buah cabai merah.
  • 100 gr soun.
  • 1200 ml santan cair.
  • 100 gr udang kering.
  • 400 ml santan kental.
  • 100 gr udang kering.

Bumbu

  • 1 biji bawang bombay.
  • 4 butir bawang putih.
  • Gula secukupnya.
  • Garam secukupnya.

Cara Membuat Sayur Kubis

  1. Potong dulu kubis yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Anda bisa memotongnya sesuai dengan selera Anda. Bila sudah, cuci saja kubisnya sampai bersih.
  2. Potong tempe saja berbentuk dadu, sambil diiris-iris bulat untuk cabai merahnya.
  3. Rendam saja udangnya selama 10 menit. Setelah itu, keringkan, sambil ditumbuk sampai halus.
  4. Iris-iris bawang bombay, setelah itu memarkan saja bawang putihnya.
  5. Bila sudah melakukan beberapa langkah tersebut, kini waktunya untuk memasak. Dimana tahap permulaannya adalah dengan cara merebus santan cair yang sudah Anda siapkan lebih dulu.
  6. Setelah itu, masukkan saja tempe, bawang bombay, udang kering, dan juga bawang putih.
  7. Masak semuanya sampai santannya mendidih.
  8. Bila sudah mendidih, masukkan saja kubisnya, dan aduk-aduk sampai kubisnya tercampur merata.
  9. Setelah itu, tambahkan soun dan juga cabai merah yang sudah diiris sebelumnya.
  10. Kemudian, tambahkan saja santan kental beserta gula pasir dan garam secukupnya.
  11. Aduk secara perlahan adonan ini supaya santannya tidak pecah.
  12. Masak memakai api kecil.
  13. Bila sudah cukup matang, segera angkat, dan sajikan.

Itu tadi adalah beberapa cara untuk membuat sayur kubis lemak yang enak dan lezat. Anda bisa menyajikannya selagi masih hangat bersama dengan nasi putih yang hangat, bersama dengan ikan asin, sambal, dan juga ikan goreng.