Resep Membuat Sayur Tahu Bening Tanpa Santan

Resep Membuat Sayur Tahu Bening Tanpa Santan – Berbicara seputar sayur tahu bening tanpa santan memang sepertinya tidak pernah ada habisnya. Karena memang saat ini ada banyak varian dari sayur tahu yang bisa dibuat dan juga dikreasikan berdasarkan dengan selera Anda. Entah itu dari yang berbentuk sederhana, sampai dengna yang spesial. Ada juga yang dibuat dengan kuah pedas, namun ada juga yang tidak pedas.

Baca juga: Resep Masakan Ikan Gurame Bakar Kecap Pedas Asli

Semuanya bisa Anda kreasikan dan dijadikan untuk referensi terbaik ketika Anda ingin menyajikan menu sarapan pagi atau makan siang Anda di rumah. Dari semua jenis sayur tahu yang disajikan, kami akan berikan salah satu resep sayur tahu yng berbeda. Dimana bahan pembuatannya sangat sederhana sekali, bahkan terlihat sebagai versi yang original. Karena pembuatannya tidak memakai santan. Dengan begitu, kuahnya juga menjadi bening.

Sayur Tahu Bening

Meskipun sayur ini terlihat sangat sederhana, namun Anda jangan pernah mengkhawatirkan soal kelezatan dan juga kenikmatan dari sayur ini. Karena, meskipun kuahnya bening, namun rasanya benar-benar gurih dan bisa membuat Anda menjadi ketagihan dibuatnya. Resepnya yang sederhana membuat para pemula dapat dengan mudahnya membuat masakan yang satu ini.

Waktu Memasak

Untuk waktu memasaknya disini dibutuhkan persiapan selama 20 menit, dan juga proses memasaknya sama, yaitu selama 20 menit. Bila dijumlahkan keseluruhan, dibutuhkan waktu selama 40 menit untuk membuat 9 porsi makan.

Bahan Utama

  • Tahu putih kotak 10 buah.
  • Otak-otak ikan 3 biji.
  • Jamur kuping 1 buah.
  • Seledri 1 tangkai.
  • Daun bawang 2 batang.
  • Air 1.500 ml.
  • 1 sdt ebi.

Bumbu Sayur

  • Bawang putih sebanyak 5 siung.
  • Kecap ikan sebanyak 1 sendok teh.
  • Garam sebanyak 2 sendok teh.
  • Merica bubuk sebanyak ½ sendok teh.
  • Gula pasir sebanyak ½ sendok teh.
  • Kaldu ayam bubuk sebanyak ½ sendok teh.

Cara Membuat Sayur Tahu Bening Tanpa Santan

  1. Potong saja tahu putih yang sudah Anda siapkan sebelumnya berbentuk miring-miring.
  2. Potong otak-otaknya sesuai dengan ukuran selera Anda.
  3. Rendam saja jamur kuping yang ada, setelah itu potong-potong jamur tersebut.
  4. Goreng saja bawang putih yang ada, setelah itu memarkan.
  5. Ikat seledri berbentuk simpul.
  6. Seduh ebinya, dan sangrai saja. Setelah itu, haluskan.
  7. Potong daun bawang bulat-bulat.
  8. Rebus airnya dan masukkan seledri dan juga bawang putih ke dalamnya.
  9. Tunggu sampai air mendidih dan beraroma harum.
  10. Kemudian, masukkan saja jamur kuping, tahu, kecap ikan, otak-otak, garam, merica bubuk, ebi, gula pasir, dan juga kaldu ayam bubuk. Aduk semuanya sampai tercampur rata, dan masak sampai semua bahannya matang.
  11. Menjelang sayur tahu bening tanpa santan ini diangkat, maka tambahkan saja daun bawang, sambil diaduk-aduk. Bila sudah, segera angkat, dan sajikan.

Kini Anda bisa mendapatkan sayur tahu bening tanpa santan ini. Karena masakan ini telah siap untuk disajikan. Makanan ini lebih terasa nikmat bila Anda menyajikannya dalam kondisi yang hangat dengan nasi yang hangat juga. Meskipun Anda masih pemula, namun Anda akan tetap dengan mudahnya membuat makanan yang satu ini. Karena baik bahan dan juga proses pembuatannya benar-benar sangat mudah dan membuat siapa saja dapat memasaknya dengan mudah di rumah.