Jenis SIUP dan Kepengurusannya untuk Usaha Dagang

Jenis SIUP dan Kepengurusannya untuk Usaha Dagang – Bila Anda membuka sebuah usaha perdagangan, maka wajib hukumnya untuk memiliki sebuah SIUP terlebih dahulu. Dimana ini merupakan sebuah surat izin untuk usaha dagang Anda. Dengan memilikinya, artinya usaha Anda tersebut telah terdaftar keberadaannya.

Baca juga: Pentingnya Content Marketing terhadap Bisnis Marketing Anda!

Itu artinya, Anda telah sah dan resmi untuk menjalankan usaha dagang itu. Maka dari itulah surat ini begitu penting sekali. Karena dengan adanya izin inilah usaha dagang Anda bisa makin didukung. Karena kini usaha Anda bisa lebih aman lagi dalam praktiknya dan bisa terhindar dari berbagai macam masalah yang berkaitan dengan izin terhadap lokasi usaha Anda tersebut.

SIUP

Nah, tapi tahukah Anda bahwa ternyata SIUP itu terbagi atas banyak macam? Dimana dalam praktiknya ini, izin ini adalah sebuah bentuk legalitas terhadap usaha yang Anda miliki tersebut. Sehingga, usaha Anda bisa berjalan dengan lancar. Namun meskipun begitu, Anda harus tahu bahwa izin ini dibagi ke dalam 3 pilihan macam kategori jika didasarkan pada besaran modal yang dipakai untuk mendirikan usaha Anda tersebut, antara lain:

SIUP Besar

Ini adalah izin yang dilakukan bagi pelaku bisnis usaha besar yang memiliki modal lebih dari 500 juta rupiah. Sehingga, izinnya masuk dalam skala besar. Jika Anda menjalankan usaha yang sangat besar, bahkan dengan modal yang sebesar 500 juta lebih, maka izin yang Anda lakukan tersebut ada dalam kategori yang besar.

Sehingga, berbicara tentang biayanya pun tentu saja akan berbeda sekali dengan izin yang masih di kelas menengah dan di kelas kecil. Begitu juga untuk pajak yang ditanggung. Namun, hal ini sebanding dengan apa yang didapatkan. Karena dari izin inilah nantinya Anda bisa mendapatkan kemudahan dalam menjalankan usaha Anda tersebut.

SIUP Menengah

Sedangkan untuk perizinan ini adalah mereka yang memiliki modal usaha sebesar 200 juta rupiah sampai dengan 500 juta rupiah. Sehingga, jika Anda berada dalam kategori ini, sebaiknya Anda buat izin dalam kelas yang menengah. Sehingga, izin Anda tersebut bisa tepat pada sasarannya. Ini jauh lebih baik dibandingkan Anda menggunakan izin dengan skala kecil, padahal Anda masuk dalam kategori skala yang menengah.

Tentu saja bila Anda tidak izin tepat pada sasaran di kelasnya, hal ini akan memberikan pengaruh dan dampak yang buruk untuk kelangsungan bisnis dan usaha Anda tersebut. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan baik-baik terhadap izin yang Anda lakukan agar semua prosesnya bisa berjalan dengan lancar.

SIUP Kecil

Berbeda sekali dengan izin yang satu ini. Karena ini adalah usaha yang menggunakan modal dan kekayaan bersih yang cenderung kecil, atau sama dengan bermodal 200 juta rupiah saja. Jadi, bila memang modal Anda kecil, sebaiknya buat saja surat izin dalam skala yang kecil. Jadi, meskipun Anda masih kecil dan minim sekali budgetnya, namun dengan adanya izin, tentu saja usaha Anda akan jauh lebih aman.

Untuk sistem pengurusan terhadap surat izin usaha perdagangan ini dan juga untuk mengurus semua surat izin usaha yang lain, Anda bisa melakukannya di kantor dinas perdagangan yang ada di tingkat kotamadya dan kabupaten setempat. Selain itu, Anda juga bisa mengurus izin ini tepat di kantor pelayanan perizinan setempat yang biasanya ada di sejumlah daerah pada kantor badan pelayanan perizinan terpadu atau disingkat dengan BP2T.