Bahaya Jika Sprei Tempat Tidur Tidak Rajin Diganti

Bahaya Jika Sprei Tempat Tidur Tidak Rajin Diganti – Apakah Anda ingat kapankah waktu terakhir Anda dalam mencuci sprei tempat tidur Anda, kemudian menggantinya juga membersihkan tempat tidur serta mencuci bantal Anda? kegiatan yang seperti ini kerap sekali terlewatkan dikarenakan kesibukan yang terlalu menumpuk. Padahal, hal yang seperti ini sebenarnya sangat berbahaya sekali!

Baca juga: Portuguese Egg Tart Menu Jajanan Cocok untuk Pebisnis Kuliner

Mengingat sprei itu sendiri merupakan bagian dari sebuah rumah yang terdekat dengan Anda, maka sebaiknya jangan pernah lupa untuk menggantinya secara rutin. Dimana Anda harus mengganti sprei yang lama ini dengan sprei yang baru. Tentu saja Anda tidak mau bila tempat tidur Anda ditumbuhi oleh bakteri kan? Karena ini bisa membahayakan diri Anda bila Anda malas menggantinya secara rutin.

Sprei Tempat Tidur

Maka dari itulah, kali ini akan kami jelaskan dampak buruk bila Anda jarang mengganti sprei tempat tidur secara rutin, antara lain:

Pertama, keringat dari tubuh bisa langsung menempel tepat pada sprei. Mungkin bila Anda berbicara seputar kebersihan sprei, maka yang terdapat dalam pikiran pertama kali adalah sangat berbahaya sekali bila ada bakteri yang menempel di bagian sprei. Padahal, tidak hanya itu saja. Saat Anda sedang tidur, Anda bisa memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya. Saat itulah, tentu saja keringat ini nanti akan diserap oleh serat sprei dan juga mengikat ke dalam serat itu.

Hal yang seperti inilah yang umumnya bisa berbahaya sekali untuk kesehatan Anda. Pasalnya, sprei tempat tidur yang lembab dikarenakan oleh keringat ini bisa menajdi sarang bakteri. Terlebih mengingat saat Anda sedang tidur, Anda bisa mengeluarkan minyak alami dan keringat dalam tubuh. Jadi, Anda harus secara rutin mengganti spreinya.

Kedua, tidak hanya sekesar keringat saja, namun regenerasi kulit yang umumnya terjadi waktu tidur ini dapat berbahya untuk Anda. Karena, normalnya, ketika Anda sedang tidur pada malam hari, maka tubuh Anda bisa mengalami regenerasi atau mengalami pergantian kulit dari rontoknya sel-sel kulit yang mati dari badan. Tentu saja tanpa Anda sadari bahwa sel kulit yang mati dari mikroorganisme yang tidak terlihat menggunakan telanjang mata.

Meskipun begitu, percayalah bahwa sel kulit mati yang buruk itu banyak juga yang menempel di bagian sprei tempat tidur Anda. Bisa Anda bayangkan bila Anda jarang sekali mengganti sprei. Maka sel-sel kulit yang mati ini jika dibiarkan menumpuk begitu saja bisa menghadirkan banyaknya bakteri dan kuman baru yang hadir di dalam sprei.

Ketiga, bakteri yang telah menempel pada sprei tempat tidur bisa membuat kulit menjadi ruam dan iritasi. Sprei yang jarang dibersihkan bisa membuat penumpukan bakteri makin banyak. Hewan kecil yang tidak kasat mata yang satu ini dapat mengincar dalam tubuh Anda. Dengan begitu, kulit bisa mengalami iritasi dikarenakan oleh kotoran dan debu yang menempel di bagian sprei. Maka dari itulah, pastikan agar Anda selalu memilih bahan sprei yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Gejala yang umumnya terjadi adalah bisa membuat mata menjadi merah, tubuh merasa gatal, dan bisa mengalami alergi, dan ruam. Itulah kenapa karena tubuh tidak bisa menahan hadirnya banyak kuman, sehingga bisa mengalami masalah pada kulit dan kesehatan Anda.

Ke-empat, jerawat bisa pula datang ke wajah Anda hanya diakrenakan Anda lalai dalam mengganti sprei. Bakteri dari tubuh yang menempel pada sprei bisa membuat terjadinya inflamasi sampai dengan infeksi dibagian kulit wajah.