Proses Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Proses Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) – Jika Anda ingin berdagang, maka salah satuhal pertama yang harus dilakukan adalah segera daftarkan dulu keberadaand ari kegiatan usaha Anda itu agar mendapat izin untuk menjalankan usaha dagang Anda tersebut. Izin yang berguna untuk menjalankan usaha dagang ini dinamakan sebagai Surat izin Usaha Perdagangan atau biasa disebut juga dengan SIUP.

Baca juga: Pentingnya Content Marketing terhadap Bisnis Marketing Anda!

SIUP ini adalah sebuah dokumen yang dibutuhkan dan diharuskan untuk perseorangan dan juga badan usaha yang telah mendirikan sebuah usaha dagang.

Surat Izin Usaha Perdagangan

Jadi, sekalipun Anda adalah pedagang dalam skala yang masih kecil dan regional, namun tetap saja Anda butuh sebuah Surat izin Usaha Perdagangan atau SIUP agar nantinya Anda memiliki izin dagang. Dalam hal ini, untuk pemegang SIUP ini sebenarnya tak harus selalu seorang pedagang dalam skala yang besar dalam lingkup perdagangan yang mencapai sampai lintas negara. Namun izin ini berlaku untuk semua jenis perdagangan.

Maka dari itulah, di bawah ini akan kami jelaskan tentang tata cara dan prosuder dalam pembuatan Surat izin Usaha Perdagangan atau SIUP yang harus Anda lakukan. Jadi, sesudah semua berkas persyaratannya untuk administrasi ini telah disiapkan, maka selanjutnya Anda harus melakukan sejumlah prosedur untuk pembuatan SIUP di bawah ini:

  1. Ambil dulu sebuah formulir pendaftaran atau ambil sebuah surat permohonan yang didapat dari kantor dinas perdagangan. Sebaiknya, Anda sebagai pemilik usaha tersebut yang datang secara langsung ke kantor pelayanaan perizinan atau kantor dinas perdagangan setempat sendiri. Bila Anda memang berhalangan dan sibuk, maka Anda tetap bisa mengurusnya menggunakan orang yang memang sudah diberikan kuasa oleh Anda.
  2. Setelah Anda mendapatkan surat permohonan dan formulir pendaftaran yang disiapkan oleh Kantor Dinas Perdagangan tersebut, maka segera saja isi formulir tersebut yang benar dan harus lengkap. Setelah itu, jangan lupa untuk segera ditanda tangani tepat di atas materai sebesar 6 ribu rupiah oleh Anda sebagai penanggung jawab dari perusahaan tersebut.
  3. Jika formulir itu sudah diisi lengkap dan sudah ditandatangani, maka segera saja foto copy formulir tersebut sebanyak 2 rangkap. Setelah itu, gabungkan dengan berkas persyaratan untuk administrasi yang telah disiapkan sebelumnya.
  4. Bila Anda memakai jasa orang lain agar pengurusan pembuatan Surat izin Usaha Perdagangan ini berjalan, maka surat kuasanya itu harus ada dan harus bermaterai sekaligus harus ada tanda tangan dari nda sebagai pemilik perusahaan tersebut.
  5. Setelah itu, segera bayar tarif untuk pembuatan surat izin ini. Untuk tarifnya disini biasanya tidak sama untuk tiap kota dan kabupaten. Karena harganya tersebut telah ditetapkan oleh pihak peraturan daerah yang ada di wilayah setempat.
  6. Umumnya waktu untuk melihat hasil jadi dari surat ini sampai 2 minggu. Jadi, ketika Surat izin Usaha Perdagangan Anda telah jadi, maka Anda nanti akan langsung dihubungi oleh pihak petugas atau Anda bisa juga datang langsung ke kantor dari tempat Anda saat Anda mengurus SIUP itu untuk mengambil hasilnya.

Nah, itu tadi adalah sejumlah hal yang harus Anda lakukan dalam pembuatan Surat izin Usaha Perdagangan ini. Dengan memperhatikan tentang proses pembuatan inilah yang nantinya akan membantu Anda untuk memperlancar izin dagang dan usaha yang Anda lakukan tersebut. Dengan begitu, semuanya akan menjadi makin lancar.