Kelebihan dan Kekurangan Mengkonsumsi Susu Kedelai

Kelebihan dan Kekurangan Mengkonsumsi Susu Kedelai

Kelebihan dan Kekurangan Mengkonsumsi Susu Kedelai – Seperti yang telah diketahui. Bahwa kedelai itu adalah salah satu bahan makanan yang memiliki banyak manfaat di dalam tubuh. Banyak sekali olahan kedelai yang harus dikonsumsi setiap hari. Salah satunya adalah susu kedelai. Susu ini biasanya sering dikonsumsi untuk penderita alergi terhadap susu sapi. Mengingat manfaat dari susu ini sangat tinggi dan baik, maka dari itulah susu ini baik sekali dikonsumsi setiap hari. Apalagi karena susu ini berasal dari tanaman alami, sehingga membuatnya lebih bebas kolesterol, tidak ada laktosanya, dan juga rendah lemak jenuh.

Kelebihan Minum Susu Kedelai

Berdasarkan penelitian mengatakan bahwa wanita yaang mengkonsumsi susu setiap hari itu lebih beresiko terkena osteoporosis sebanyak 56% yang lebih rendah dari wanita yang tidak mengkonsumsinya. Disamping itu, susu ini juga bisa meringankan malsaah gejala menopause, misalnya saja seperti sensasi dari rasa panas yang disebut juga dengan hot flashes dan juga berkeringat pada malam hari.

Kedelai ini baik sekali untuk membantu fungsi kognitif untuk setiap wanita yang usianya di bawah dari 65 th. Sehingga, susu ini baik sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang didapat bila mengkonsumsi susu ini secara rutin, antara lain:

  1. Susu yang satu ini bisa meningkatkan lipid darah dengan baik. Ini beda sekali dengan kandungan dari susu sapi yang memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Asam lemak yang ada di dalam susu kedelai ini bisa membuat proses transportasi kolesterol menuju ke aliran darah bisa terhambat. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, maka ini baik untuk Anda dengan riwayat kolesterol yang tinggi.
  2. Kandungan susu yang satu ini bisa melindungi pembuluh darah dari terjadinya kerusakan. Omega 6 dan juga omega 3 bisa menjadi sebauh lem untuk lapisan pembuluh darah. Sehingga, susu ini bisa melindungi masalah radikal bebas berbahaya. Pembuluh darah menajdi lebih tahan ketika terjadi perubahan tekanan darah.
  3. Kadar gula yang terdapat dalam susu dari kedelai ini saagt rendah. Sehingga, susu ini baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Asam lemak yang tak jenuh dari susu ini bisa menghambat proses penyerapan lemak yang berasal dari usus. Hanya dengan mengkonsumsi susu ini dengan jumlah yang banyak, hal ini akan membuat perut makin kenyang dan tahan lama.

Kekurangan Mengkonsumsi Susu Kedelai

Selain mempunyai kandungan yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, namun ternyata ada sejumlah studi mengtakan bahwa dengan mengkonsumsi produk dari kedelai ini bisa memberikan dampak resiko seperti yang ada di bawah ini:

  • Hanya dengan mengkonsumsi kedelai sebanyak 30 gr per hari dalam 1 bulan, hal ini bisa membuat seseorang mengalami masalah pada gangguan tiroid.
  • Senyawa isoflavon yag terdapat di dalam kedelai ini ternyata bisa membuat jumlah sperma menjadi menurun. Meskipun masih dibutuhkan beberapa penelitian lebih lanjut agar bisa mengetahui kebenarannya tersebut.
  • Susu ini juga belum tentu bisa dijadikan sebagai alternatif untuk pengganti susu kedelai untuk bayi yang alergi. Dengan begitu, sebelum Anda memutuskan untuk memberi susu dari kedelai ini untuk anak Anda, sebaiknya konsultasikan ini dulu dengan dokter. Karena belum tentu anak-anak bisa cocok dengan susu dari kedelai yang satu ini.