Tahapan Mengajukan Kredit Rumah Dengan Bpjs

Demi meningkatkan kesejahteraan para masyarakat, sekarang ini BPJS ketenagakerjaan  telah memberikan sebuah fasilitas baru, yaitu sebuah pembiayaan rumah dan juga uang DP untuk kredit rumah dengan bpjs bagi pesertanya.

Tahapan Mengajukan Kredit Rumah Dengan Bpjs

Program ini adalah salah satu dari manfaat layanan tambahan yang memang diatur oleh Permenaker di nomor 35 th 2016, dimana memang program ini hanya untuk semua anggota BPJS ketenagakerjaan untuk mereka yang masuk dalam kategori masyarakat yang penghasilannya rendah dan juga non MBR.

Baca juga: Keuntungan Membeli Kredit Rumah Cirebon Bersubsidi

Bahkan, direktur utama dari BPJS Ketengakerjaan, yaitu Agus Susanto pun menegaskan bahwa adanya MLT tersebut memang dikembangkan supaya bisa mensejahterakan para pesertanya lewat sebuah kepemilikan rumah yang tepat juga untuk mendukung terciptanya program untuk 1 juta rumah yang diluncurkan oleh pemerintah.

Maka dari itulah, dengan adanya program tersebut diharapkan bisa menjadi sebuah daya tarik tersendiri untuk memperluas dan meningkatkan kepersertaan dari anggota BPJS ketenagakerjaan tersebut. Bahkan, dia pun juga menambahkan bahwa sebenarnya fasilitas  untuk pembiayaan program MLT tersebut meliputi demand side dan juga meliputi supple side yang masuk di dalam industry perumahan. Hal tersebut dilakukan lewat kerja sama dari bank milik pemerintah.

Demand side ini berarti melengkapi kebutuhan kredit rumah dengan bpjs dengan bunga yang ringan untuk para anggota bpjs. Sedangkan pengertian dari supply side ini adalah sebuah pembiayaan kredit yang lebih kompetitif untuk para developer perumahan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.

Yang pasti, dalam hal ini, MLT yang telah diberikan oleh BPJS Ketenaga kerjaan untuk para pesertanya itu meliputi 4 varian, yaitu KPR, ada juga pinjaman renovasi perumahan, pinjaman uang muka untuk perumahan, dan ada juga kredit kontruksi untuk para developer.

Persyaratan Mengajukan Kredit Rumah dengan BPJS

Nah, dalam hal ini agar Anda bisa mendapatkan layanan tersebut, maka Anda harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai peserta dari anggota BPJS Ketenagakerjaan yang meliputi di bawah ini, antara lain:

  1. Anda sudah aktif terdaftar minim selama 1 th.
  2. Tempat perusahaan Anda bekerja tersebut harus tertib secara administrasi dan juga tertib secara iuran. Selain itu, perusahaan tersebut juga tidak sedang berstatus sebagai perusahaan daftar sebagian upah ataupun untuk tenaga kerja.
  3. Peserta harus benar-benar belum punya rumah sendiri.
  4. Jika ingin melakukan renovasi rumah dengan menggunakan kredit rumah dengan bpjs, maka dana yang dipakai nanti hanya boleh digunakan untuk merenovasi rumah dari atas nama pekerja tersebut sendiri.
  5. Peserta yang sudah mengajukan pinjman tersebut harus benar-benar lolos verifikasi kredit dari pihak bank penyalur yang sudah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Seperti yang telah diketahui bahwa sekarang ini pihak BPJS telah bekerja sama dengan pihak bank BTN untuk memberikan fasilitas pinjaman tersebut. Sedangkan untuk ke depannya nanti akan mulai bekerja sama dengan semua bank Pemerintah, termasuk juga dengan bank dari pemerintah daerah. Jika Anda tertarik, maka Anda bisa menyiapkan beberapa hal di bawah ini:

  1. Ajukan fasiltias kredit rumah dengan bpjs, tersebut kepada bank yang sudah bekerja sama dengan memberikan foto copy sebagai bukti bahwa Anda merupakan peserta dari BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Bank yang sudah bekerja sama akan melakukan verifikasi sekaligus bi check untuk melihat bahwa Anda bukan member yang terblacklist BI.
  3. Setelah itu, Anda diminta dating ke kantor cabang BPJS untuk memverifikasi kepesertaan.
  4. Kantor cabang BPJS akan mengirim sebuah form persetujuan kepada bank, sehingga Anda bisa mendapatkan kredit rumah dengan bpjs.