Menikmati Hamparan Batu Karang yang Indah di Tanjung Gaang Bawean 

Menikmati Hamparan Batu Karang yang Indah di Tanjung Gaang Bawean – Ketika musim liburan tiba, saatnya kini Anda berkunjung ke Tanjung Gaang Bawean. Tempat ini sangat luar biasa. Letaknya sendiri ada di dusun Somor Somor Tanjung Kima, di desa Kumalasa.

Rute Menuju Tebing Karang Laut

Tanjung Gaang Bawean itu sendiri terletak tidak jauh dari Sangkapura. Setidaknya, Anda harus menempuhnya sepanjang 8 km. Agar bisa sampai ke Somor, sebaiknya gunakan saja sepeda motor.  Dari jalanan inilah Anda akan melihat jalanan yang akan membuat Anda menjadi sedikit ngeri. Karena Anda harus melewati sebuah tanjakan yang berkelok, naik turun, dan harus melewati badan jalan yang cukup kecil.

Baca juga: Misteri Keindahan Air Terjun Ngleyangan Kediri

Butuh waktu selama 20 menit untuk membuat Anda bisa melewati jalanan yang sulit ini. Karena memang belum terdapat sebuah pembangunan untuk menuju ke tempat ini. Disini terdapat 3 macam lokasi yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Tanjung Gaang Bawean

Pertama, Anda bisa menikmati sebuah hamparan tebing karang yang berasal dari laut memakai perahu sewa. Kedua, Anda bisa melihat hamparn dari batu karang yang luas beserta keindahan air laut. Ketiga, Anda bisa singgah ke Tanjung Kodok yang ada sebelum Anda melewati batuan karang tersebut.

Di sepanjang perjalanan nanti, Anda akan menyaksikan betaha jernihnya air laut yang ada disana. Bahkan, ikannya pun begitu jelas terlihat disana. Sehingga, hal ini membuat siapapun pasti tidak akan pernah bisa memalingkan pandangannya dari jernihnya air laut yang ada disana. Yang pasti, terdapat 2 macam pilihan yang bisa Anda tempuh untuk melewati perjalanan ke tanjung ini. Yaitu menggunakan perahu sewa dan juga berjalan kaki.

Bila Anda menggunakan perahu sewa, maka Anda bisa lebih mudah untuk menikmati semua area yang ada di tempat ini. Karena, bila Anda hanya berjalan kaki saja, otomatis Anda hanya bisa menikmati keindahan dari pantai Tanjung Kodok saja dan menikmati hamparan dari batu karang dari atas. Anda tidak akan bisa menyaksikan keindahan tebing karang dari laut bila tidak menggunakan perahu sewa.

Harga Sewa Perahu

Untuk bisa menyusuri lautan dan menikmati keindahan tebing karang, maka Anda bisa menyewa perahu carteran, dengan biaya sebesar 50 ribu rupiah. Itupun sudah bisa digunakan untuk mengangkut lebih dari 10 orang rombongan agar bisa menikmati keindahan dari tebing karang yang begitu kokoh.

Tanjung Kodok Bawean

Selain di lamongan, ternyata Bawean juga memiliki Tanjung Kodok juga. Yaitu sebuah batuan karang yang berbentuk layaknya seekor kodok dikarenakan terkena hempasan ombak. Bahkan, di Bawean ini tanjung kodoknya jauh lebih besar dari yang terdapat di Lamongan. Namun, berdasarkan cerita, ternyata tanjung kodok yang terdapat di Bawean ini masih ada kaitannya dengan tanjung kodok yang terdapat di Lamongan. Karena batu kodok yang terdapat di bawean ini menghadap ke arah Lamongan.

Setelah Anda cukup puas dengan menikmati keindahan dari tebing karangnya itu, kini Anda bisa mendapatkan panorama yang lebih indah lagi dan menakjubkan dari tebing karang itu. Yaitu dengan cara menanjaki batuan karang tersebut. Namun tentu saja Anda harus berhati-hati. Karena batuan ini cukup tajam dan juga berlubang. Sehingga, bisa menusuk kaki Anda kapan saja, bila Anda salah memijaknya. Maka dari itulah, kami sarankan untuk menggunakan sepatu saja, agar lebih aman.