Tata Cara Jual Beli Apartemen dari Harga Apartemen Kalibata City

Untuk Anda yang kini tinggal tepat di kota megapolitan, seperti di Jakarta, maka tentu saja Anda tidak akan asing dengan yang namanya kemacetan terhadap lalu lintas yang cukup parah. Maka dari itulah, membeli sebuah apartemen yang strategis, yaitu dekat dengan lokasi kantor Anda tersebut adalah pilihan yang terbaik untuk Anda.

Baca juga: Jika ingin Sewa Apartemen Jakarta, Anda Harus Tahu Ini Dulu!

Tata Cara Jual Beli Apartemen dari Harga Apartemen Kalibata City

Di samping hal tersebut dapat menghemat tenaga, hal ini juga bisa menghemat waktu Anda juga. Selain itu, membeli apartemen yang dekat kantor juga bisa dijadikan sebagai investasi terbaik untuk Anda yang sedang mencari keuntungan dari penjualan property.

Salah satu lokasi apartemen yang cukup bagus untuk dijadikan sebagai tempat investasi adalah di apartemen kalibata city. Namun, sebelum Anda melakukannya, sebaiknya Anda memahami lebih dulu berapakah harga apartemen kalibata city tersebut.

Karena, meskipun untuk tata caranya sebenarnya proses penjualan dan pembeliannya itu sama seperti saat Anda membeli rumah, namun jika Anda ingin membeli sebuah apartemen, maka Anda bisa melakukannya langsung lewat pihak developer untuk yang tidak ready stock. Jadi, nantinya pengembang akan mempromosikan harga apartemen kalibata city tersebut dalam bentuk sebuah gambar.

Maka dari itulah, sebelum membelinya, sebaiknya lihat dulu apakah pihak pengembang sudah mempunyai kredibilitas yang bagus atau track record yang bagus, barulah Anda bisa percaya dengan mereka. Setidaknya, mereka harus memiliki izin site plan dan tanah bangunannya harus benar – benar dikuasai oleh pengembang tersebut.

Tata Cara Jual Beli Apartemen

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah rangkuman dari bagaimana proses transaksi jual beli apartemen yang wajib diketahui, antara lain:

  1. Anda harus tahu bahwa salah satu hal yang harus dilakukan setelah Anda tahu berapakah harga apartemen kalibata city, dan Anda berminat dengan apartemen tersebut adalah membayar booking fee nya lebih dulu untuk tahap pemesanan awalnya. Pada umumnya ini berkisar antara 5 juta sampai dengan 10 juta rupiah. Barulah nanti Anda mendapatkan surat perjanjian untuk pembelian awal berupa nomor urut beli, berbentuk sebuah dokumen pemesanan unitnya dan kwitansinya.
  2. Setelah itu, Anda harus membayar uang muka dari harga apartemen kalibata city yang telah ditetapkan tersebut sebesar 30%. Biasanya pengembang akan memberikan keringanan untuk bisa mengangsur dari 3x angsuran sampai dengan 12 kali angsuran. Kami sarankan, pilih angsuran yang paling panjang untuk melihat bagaimanakah progress dari pembangunan gedung tersebut.
  3. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kwitansi pelunasan dari BPHTB yang telah dimaterai dan ditanda tangani kedua belah pihak. Ini nantinya akan dipakai untuk mengurus perjanjian dan pengikat di notaris.
  4. Sesudah itu, Anda akan mendapatkan dokumen PPJB atau perjanjian pengikat jual beli dari apartemen tersebut, berupa kesepakatan antara pihak pengembang dan Anda.
  5. Selanjutnya, Anda akan diminat untuk menyerahkan foto kopi dari slip gaji, surat keterangan pegawai tetap, dan juga NPWP. Ini nanti akan digunakan untuk pembayaran menggunakan kredit atau pinjaman.
  6. Jadi, sesudah Anda telah berhasil melunasi semua pembayaran unit apartemen tersebut, maka kemudian pihak pengembang nanti akan memberi semua surat kepemilikan kepada Anda atas apartemen yang Anda beli tersebut lewat Bank yang dipilih.

Itu tadi adalah sedikit rangkuman tentang tata cara untuk proses transaksi jual beli apartemen berdasarkan harga apartemen kalibata city yang telah disepakati antara kedua belah pihak, yaitu antara penjual dan juga pembeli.