Resep Masakan Telur Ceplok Bumbu Bali

Resep Masakan Telur Ceplok Bumbu Bali – Apakah Anda ingin menikmati sajian telur yang menggoda dan terasa lezat? Bila benar seperti itu, maka Anda bisa mencoba membuat masakan telur ceplok bumbu Bali yang satu ini. Dimana Anda nantinya bisa benar-benar menikmati sajian telur ceplok yang memiliki sensasi dan cita rasa yang benar-benar berbeda dan menggoda. Telur yang dimasak memakai bumbu bali ini benar-benar sangat lezat sekali dan sangat gurih.

Telur Ceplok Bumbu Bali

Kenikmatan yang diberikannya benar-benar berasa ketika sedang disantap dengan nasi putih yang hangat. Cuma modal bumbu dan telur saja yang sangat simple dan sederhana, Anda sudah bisa menciptakan sajian yang benar-benar lezat pada meja makan Anda. Mau tahu bagaimana cara membuatnya? Simak cara-cara di bawah ini!

Waktu Memasak

Untuk proses persiapannya, dibutuhkan waktu selama 20 menit. Sedangkan proses memasaknya selama 30 menit. Jika dijumlahkan secara keseluruhan, untuk membuat masakan telur ceplok bumbu Bali yang satu ini dibutuhkan waktu selama 50 menit untuk membuat 6 porsi makan.

Bahan Utama

  • Telur 6 butir.
  • Kecap manis 1 sendok makan.
  • Gula pasir ½ sendok teh.
  • Garam ½ sendok makan.
  • Minyak goreng, secukupnya saja.
  • Air 250 ml.

Bumbu

  • Bawang merah 8 butir.
  • Terasi 1 sendok teh.
  • Tomat 1 biji saja.
  • Bawang putih 2 biji.
  • Jahe 1 cm.
  • Cabai merah yang keriting 2 buah.
  • Cabai merah yang besar 3 buah.

Cara Membuat Telur Ceplok Bumbu Bali

  1. Goreng saja telurnya lebih dulu. Jadi, pertama-tama, siapkan saja wajan penggorengan yang akan Anda pakai untuk menggoreng telur nantinya. Setelah itu, letakkan saja wajan penggorengan tersebut tepat di atas kompor dengan menggunakan api sedang.
  2. Tuangkan saja minyak goreng ke dalam wajan penggorengan tersebut seuckupnya. Tunggu saja sampai beberapa saat kemudian sampai minyak menjadi panas dan bisa meletup-letup.
  3. Bila sudah seperti tersebut, langsung saja ceplok telur Anda tersebut dan goreng saja telurnya hingga matang.
  4. Lakukan hal yang sama, hingga telur yang sudah disiapkan tersebut habis digoreng. Setelah itu, tiriskan saja telurnya.
  5. Kupas saja bawang putih dan juga bawang merah yang telah disiapkan. Setelah itu, potong saja cabai merah yang besar dan juga cabai keriting. Selain itu, jangan lupa potong pula jahe dan tomatnya. Sesuai selera Anda.
  6. Siapkan sebuah cobek dan juga ulekannya terlebih dahulu. Kemudian, tumbuk saja kasar sampai dengan semua bumbunya tersebut halus.
  7. Agar dapat membuat telur ceplok bumbu Bali ini, maka pakai saja wajan penggorengan yang sama untuk menggoreng telur tersebut.
  8. Setelah itu, sisihkan saja minyak yang baru saja dipakai menggoreng telur tadi. Sisakan saja sebanyak 2 sendok makan saja.
  9. Panaskan lagi minyak goreng itu dan tunggu saja sampai terlihat meletup-letup.
  10. Bila sudah, langsung saja masukkan bumbu yang telah ditumbuk kasar tersebut. Aduk semuanya sampai tercampur rata bersamaan dengan bumbunya. Tumis sampai aroma harumnya keluar.
  11. Bila aroma harumnya telah tercium keluar, tugas Anda adalah segera saja masukkan telur yang telah diceplok tersebut. Aduk-aduk semuanya hingga tercampur rata. Tapi, Anda harus lebih berhati-hati ketika sedang mengaduknya. Sehingga, telur menjadi tidak hancur.
  12. Tambahkan saja bumbu yang ada, misalnya saja seperti garam, gula pasir, dan kecap manis ke dalamnya sambil diaduk-aduk sampai semua bumbunya terlarut ke dalmanya.
  13. Tuangkan air dan aduk lagi hingga tercampur merata dan bumbunya meresep sampai airnya menjadi surut.

Kini telur ceplok bumbu Bali telah siap untuk disajikan dalam kondisi yang hangat dengan nasi hangat. Selamat mencoba!