Malas Membersihkan Tempat Makan Binatang Peliharaan Bisa Bikin Keracunan

Malas Membersihkan Tempat Makan Binatang Peliharaan Bisa Bikin Keracunan – Apakah binatang peliharaan Anda memperlihatkan gejala, seperti diare, muntah, lemas, dan bahkan demam? Bila hal tersebut terjadi, sebaiknya lakukan pengecekan terhadap kebersihan dari tempat makan binatang peliharaan atau tanggal expired dari makanan yang Anda berikan untuk binatang peliharaan Anda tersebut.

Baca juga: Fakta Mitos Makanan Binatang Peliharaan Harus Diketahui

Karena, makanan dan tempat makanan yang telah terkontaminasi dengan bakteri, dari listeria, samlmonella, dan jamur, ataupun cendawan ini bisa muncul dikarenakan tempat makan yang tidak terjaga kebersihannya.

Tempat Makan Binatang 

Sehingga, hal ini bisa menimbulkan permasalahan pada kesehatan binatang peliharaan Anda dan juga orang-orang yang ada di rumah. Di bawah ini adalah beberapa hal wajib yang harus diperhatikan berkaitan dengan kebersihan, bila Anda memelihara binatang anjing dan juga kucing, antara lain:

Bersihkan Mangkuk Setiap Hari

Penting sekali untuk selalu memperhatikan kebersihan dari mangkuk tempat makan dan tempat minum setiap hari. Pastikan bahwa Anda membersihkannya menggunakan mangkuk dan juga air sabun yang hangat setiap hari sampai bersih. Sisa makanan yang terdapat dalam mangkuk ini dapat menjadi sarang bakteri yang jahat. Maka dari itulah, sebaiknya bilas dan juga keringkan dulu sebelum Anda menuangkan makanan untuk binatang peliharaan Anda tersebut.

Simpan Makanan yang Benar

Simpan saja makanan binatang peliharaan Anda ke dalam sebuah wadah yang kedap udara dan harus tertutup dengan rapat. Sebaiknya, sebisa mungkin agar Anda tidak memberi makanan pada binatang peliharaan Anda di dapur. Hal ini penting sekali dan harus diperhatikan bila Anda memiliki anak kecil, untuk menjaga kesehatan anak Anda dan juga kesehatan binatang peliharaan Anda.

Bahkan, pihak dari Centre for Disease Control & Prevention telah mengingatkan kepada para orang tua bahwa anak yang usianya kurang dari 2 th itu umumnya 4x jauh lebih beresiko bisa terkena infeksi saat binatang peliharaan diberi makanan di area dapur. Pastikan pula bahwa Anda telah mengajarkan anak-anak untuk selalu mencuci tangan mereka sesudah bermain dan juga memberikan makanan untuk binatang peliharaan.

Cek Kemasannya!

Ada baiknya bila Anda harus selalu mengecek tanggal kadaluarsa dari kemasan makanan binatang peliharaan Anda untuk sisi keamanan dan kesehatan binatang peliharaan Anda. tak hanya itu saja, ada baiknya bila Anda selalu memantau informasi terbaru berkaitan dengan produk makanan binatang peliharaan Anda. Karena, bisa jadi barang kali sewaktu-waktu terdapat produk yang memang harus ditarik dari pasarannya, karena memang bermasalah.

Buang saja makanan atau tempat makanan yang sudah lembab. Hal tersebut dapat berpotensi menjadi sarang cendawan dan juga menjadi jamur. Tidak hanya itu saja, sebaiknya jangan sampai mencampurkan sisa makanan yang lama dengan makanan yang baru. Sebaliknya, jangan juga buang makanan yang lama bila masih terdapat sisa dalam sebuah wadah.

Kondisikan Berat Badan Anjing dan Kucing

Bila berat badan binatang peliharaan Anda terlalu berlebihan, maka akan sangat disaranakan untuk melakukan diet. Mau tahu alasannya? Karena binatang peliharaan yang mengalami obesitas tersebut cenderung lebih resisten terhadap salmonella yang bisa menyebabkan gejala diarea, demam, lemas, dan muntah-muntah.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan terhadap tempat makan binatang peliharaan. Dimana sudah seharusnya Anda harus selalu menjaga kebersihannya dengan baik. Sehingga, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan untuk binatang peliharaan Anda.