Tipe Menjual Rumah yang Masih Ada Kredit Rumah Di Batam

Tipe Menjual Rumah yang Masih Ada Kredit Rumah Di Batam – Punya sebuah rumah idaman merupakan impian bagi setiap orang, khususnya untuk mereka yang sudah memiliki keluarga. Rumah dengan konsep yang minimalis dan modern, yang ada di area perumahan itu biasanya menjadi sebuah daya tarik tersendiri untuk mereka semuanya.

Tipe Menjual Rumah yang Masih Ada Kredit Rumah Di Batam

Melihat harga rumah yang terdapat di area perumahan sekarang ini cukup tinggi, hal tersebut membuat beberapa orang kadang kala bermasalah dengan system pembayarannya. Sehingga, mereka membutuhkan bantuan dari bank untuk bisa meminjamkan dananya yang dikenal juga dengan sebuta kredit rumah di Batam untuk yang berada di Batam.

Baca juga: Pedoman dalam Kredit Rumah Dalam Hukum Islam

Namun, sekarang ini kebutuhan setiap orang tidak sama. Semuanya memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda. Bahkan, terkadang ada beberapa juga yang sudah terlanjur membeli sebuah rumah dengan system KPR, namun karena kebutuhan yang mendesak, hal ini membuat orang tersebut harus rela menjualnya.

Yang jadi permasalahannya adalah, bagaimana jika rumah yang akan dijual tersebut ternyata masih berstatus kredit? Meskipun sebenarnya rumah itu tetap masih menjadi milik Anda, namun, masalah SHM ini tetap saja masih dipegang oleh bank untuk jaminannya.

Cara Menjual Rumah yang Masih Memiliki Kredit Rumah di Batam

Ini adalah beberapa cara untuk menjual rumah yang masih ada ikatan kredit, khususnya untuk Anda yang terlanjur melakukan kredit rumah di Batam, antara lain:

Hitung Sisa Tagihan Kredit Rumah di Batam

Rumah yang sekarang ini masih dalam kondisi berstatus kredit, ini memaksa Anda untuk harus membayar sebuah cicilan kpr nya pada setiap bulan. Nah, ketika rumah tersebut akan dijual, maka Anda pun tetap mempunyai kewajiban membayar cicilannya tersebut. Maka dari itulah, sebelum menjualnya, sebaiknya hitung dulu sisa tagihan dari kredit rumah di Batam tersebut yang ada di bank.

Dengan menghitung sisa tagihannya tersebut akan memberikan Anda sebuah informasi bahwa Anda tahu berapa banyak yang harus Anda lunasi ke bank sebelum menjualnya. Atau Anda bisa menanyakan sisa pembayarannya tersebut pada bank yang terkait.

Hitung Nilai Rumah

Menjual rumah itu tidak hanya sekedar menjual saja untuk mendapat uang. Anda yang pernah membeli rumah dengan cara kpr, Anda punya penilaian uang yang tidak sama dengan dulu dan kondisi yang terjadi sekarang ini. Penilaian tersebut berguna untuk melihat berapakah harga jual yang sesuai untuk kredit rumah di Batam yang akan Anda jual tersebut. Dari situlah nanti si calon pembeli bisa memperkirakan berapa banyak kredit yang diberi oleh pihak bank yang bersangkutan.

Jelaskan Status Rumah ke Calon Buyer

Ketika Anda sedang menjual rumah, maka Anda harus jujur dengan status rumah Anda tersebut. Maka dari itulah, jika Anda membelinya secara kredit, maka Anda harus jujur dengan status rumah tersebut. Anda harus memberitahukan bahwa Anda masih terikat dengan cicilan KPR dari rumah tersebut pada pihak bank. Sehingga, pembeli tahu bahwa sertifikat rumah itu masih ada di tangan bank.

Jual Rumah dengan Sistem Over Credit

Supaya pembeli Anda mau memilih over credit, maka Anda bisa menawarkan 2 pilihan cara seperti di bawah ini:

  1. Ambil alih KPR di bank yang sama, jadi calon buyer melanjutkan pinjaman dana tersebut pada bank yang sama.
  2. Memindahkan proses KPR nya pada bank yang berbeda. Jadi, pembeli bisa melanjutkan pinjamannya pada bank yang tidak sama.

Namun sebelum itu, pastikan ketika akan melakukan over credit, maka pembeli wajib meberikan uang muka lebih dulu pada Anda. Inilah yang menjadi keuntungan dari proses jual rumah itu.