Tips dan Trik Mudah Mendinginkan Processor Yang Overheat

Tips dan Trik Mudah Mendinginkan Processor Yang Overheat – Apabila processor yang merupakan otak dari sebuah komputer secara paksa terus digunakan untuk bekerja, maka tentunya akan panas.

Jika panas yang terjadi semakin berlebihan, maka akan sangat berbahaya dan merusak perangkat processor itu sendiri sehingga akan menghambat pekerjaan yang sedang anda lakukan seperti contohnya secara tiba tiba komputer restart sendiri atau hang.

Berikut ini, sulaidihasibuan.com akan memberikan beberapa tips dan trik mudah yang bisa anda lakukan untuk mendinginkan processor jika terlalu panas.

BACA JUGA: Kumpulan Game Facebook Paling Bagus Yang Sangat Sering Dimainkan

Pakai thermal paste berkualitas

Thermal paste merupakan sebuah media untuk menyalurkan kelebihan panas dari badan processor ke badan heatsink pendingin processor.

Hal ini bertujuan agar lebih meningkatkan efektifitas penurunan suhu processor dan juga berfungsi untuk mencegah terjadinya percikan api dan juga panas overload yang timbul karena terjadi gesekan antara badan processor dan juga heatsink secara langsung.

Dengan thermal paste yang berkualitas kurang bagus, maka tentunya fungsi tidak akan berjalan dengan optimal.

Tempatkan casing pada posisi tepat

Tempatkan posisi casing pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara baik dan jangan tempatkan casing pada tempat yang tertutup sebab tidak akan membuang panas dari dalam casing dan panas akan menumpuk di salah satu badan processor.

Tata kabel dalam casing dengan rapi

Selain itu, anda juga perlu menata dengan rapi kabel yang ada di dalam casing komputer dan jangan sampai kabel berantakan atau bahkan mengenai baling baling fan processor.

Periksa kembali kabel kabel tersebut dan tempatkan dengan rapi jika memang masih terlihat berantakan.

Lepas penutup casing komputer

Hal lain yang bisa anda lakukan untuk mendinginkan processor yang panas adalah dengan membuka atau melepas penutup casing komputer, sehingga panas yang ada di dalamnya jadi lebih mudah terbuang.

Tambahkan fan

Cara terakhir adalah dengan membeli fan tambahan untuk menghisap udara panas dari dalam casing komputer sehingga bisa keluar.

Fan tambahan ini cukup murah dan bisa anda dapatkan di beberapa toko aksesoris komputer dengan mudah berkisar 10 sampai 40 ribu dan tempatkan fan ini secara terbalik sehingga bisa menarik udara panas dari dalam keluar.