Tips Memadatkan Otot dengan Gerakan Kalistenik

Tips Memadatkan Otot dengan Gerakan Kalistenik – Beberapa orang selalu menginginkan memiliki tubuh yang ideal dan langsing, namun ternyata banyak juga orang yang kurus justru ingin memiliki berat yang berlebih. Maka dari itulah, bila Anda bertubuh kurus dan sulit sekali gemuk sekalipun sudah banyak makan, maka kini saatnya Anda mencoba berolahraga dengan menggunakan gerakan kalistenik.

Baca Juga : Tips Mengatasi Kulit Bermasalah Praktis

kalistenik, gerakan kalistenik, olahraga kalistenik, cara melakukan gerakan kalistenik, tips olahraga kalistenik, kelebihan kalistenik, manfaat olahraga kalistenik

Tips Memadatkan Otot dengan Gerakan Kalistenik

Olahraga ini merupakan sebuah gerakan motorik yang berguna untuk membangun bagian otot tubuh tanpa bantuan alat. Karena olahraga ini nanti Cuma memakai berat tubuh Anda sendiri. Manfaat dari melakukan olahraga ini cukup banyak. Tidak sekedar dapat membentuk otot saja, namun olahraga ini ternyata juga ampuh sekali untuk menjaga kepadatan tulang agar selalu terjaga. Di bawah ini adalah cara melakukan gerakan olahraga kalistenik ini di rumah, antara lain:

Gerakan Lunges

Sekalipun awalnya akan membuat paha Anda sedikit panas ketika melakukan gerakan ini, namun betis dan dibagian otot paha akan langsung meningkat drastis. Anda cukup berdiri saja dengan tegap. Setelah itu, langkahkan kaki kanan Anda jauh ke depan. Sedangkan lututnya ditekuk agar dapt menopang berat tubuh Anda. kemudian, kaki belakang Anda ditekuk juga untuk membuat keseimbangannya lebih terjaga.

Selanjutnya, kuatkan pijakan beserta otot paha Anda dengan baik agar dapat bertahan dalam posisi ini hingga beberapa detik. Bila sudah, kembali saja pada posisi semula dengan cara perlahan. Kemudian, ulangi gerakan ini lagi dengan gerakan sama memakai kaki yang kiri. Saat menahan posisinya, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa bila Anda rutin untuk melakukannya.

Gerakan Squat

Selain hal itu, Anda juga bisa melakukan gerakan squat untuk membuat otot paha makin terbentuk. Untuk melakukannya, cukup berdiri tegap menggunakan kaki yang dibuka selebar dari bahu Anda. sementara itu, posisi tangan Anda bebas, boleh dibelakang kepala Anda atau justru direntangkan tepat di depan dada. Setelah itu, turunkan tubuh Anda ke dalam posisi yang sedikit jongkok dengan cara mendorong bagian punggung menuju ke belakang dengan bersamaan. Kuatkan juga otot paha beserta betis Anda. setelah itu, tahan pose dari setengah jongkok ini hingga beberapa saat. Bila sudah, kembali saja di posisi berdiri kembali dan lakukan gerakan yang sama lagi.

Push Up

Ini juga termasuk ke dalam olahraga kalistenik yang efektif sekali dalam memperkuat otot lengan yang begitu kecil. Untuk yang masih awam, mungkin push up menjadi hal yang snagat sulit. Padahal, sebenarnya gerakan ini cukup ampuh memperkuat bagian otot dada dan otot lengan. Payudara yang awalnya kendur dapat terangkat dengan baik bila Anda rutin meakukannya. Untuk wanita, And abisa menekuk lutut Anda supaya tidak terlalu berat ketika sedang menahan berat tubuh Anda. sebaiknya, perhatikan jarak antara dada dengan lantai ketika dalam posisi turun. Jangan sampai dada Anda menyentuh lantai. Begitu jgua ketika sedang naik posisinya. Jaga supaya punggung dan kepala tetap sejajar dengan kaki.

Kegiatan Plank

Plank merupakan salah satu olahraga paling terkenal dan mudah sekali untuk dilakukan. Plank ini adalah sebuah olahraga untuk melatih bagian otot tubuh. Misalnya saja seperti di bagian lengan, otot perut, dan paha. Anda bisa melakukannya selama 1 menit saja setiap hari. Sehingga, Anda bisa mulai terbiasa.

Olahraga Crunch

Ini adalah sebuah olahraga yang mirip seperti olahraga sit up. Dengan berolahraga inilah nantinya akan membuat otot perut makin kuat dan tulang punggung makin padat.