Tips Memilih Formasi CPNS 2018

Tips Memilih Formasi CPNS 2018 – Baru-baru ini program rekrutmen CPNS 2018 baru dibuka. Sementara untuk proses pendaftaran pengiriman berkas awalnya dimulai dari bulan September yang lalu. Berdasarkan mandat dari menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan juga dari Reformasi Birokrasi Syafruddin, maka para peserta dari CPNS ini Cuma bisa memilih 1 instansi saja dalam 1 formasi yang ada didalamnya.

Baca juga: Cara Screenshot di Laptop ASUS Windows 10

Padahal, ada sebanyak 238.015 formasi yang tersusun atas banyak instansi pemerintah pusat dan juga daerah. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimanakah tips memilih formasi cpns berdasarkan keahlian dan peluang yang lebih besar itu? Supaya Anda bisa lebih mudah dalam menentukan formasi CPNS yang tepat sesuai dengan keahlian Anda, maka sebaiknya simak saja dulu tipsnya di bawah ini:

tips memilih formasi cpns

Pertimbangkan Peluang Formasinya berdasarkan Jurusan

Beda sekali dengan formasi di tahun 2017 yang lalu. Karena saat itu lebih berpusat oleh kementerian yang ada di daerah pusat. Untuk proses rekrutmen CPNS di tahun 2018 ini, Anda bisa lebih bebas untuk menentukan sendiri mau masuk ke dalam formasi yang mana. Apakah di instansi pusat ataukah pada instansi daerah. Namun sayangnya, semakin banyak pilihannya, hal ini justru membuat sebagian besar orang menjadi bingung untuk menentukan mana yang terbaik untuk mereka.

Tapi, tenang saja!

Kini Anda juga bisa melihat jumlah formasi yang sedang dibutuhkan di daerah. Sehingga, Anda bisa mengetahui seberapa besarkah peluang Anda saat Anda mendaftarkan diri pada formasi tersebut. bila Anda lebih suka bekerja berdasarkan kota yang Anda tuju, sebaiknya pilih saja instansi yang ditempatkan di daerah. Namun, bila Anda lebih suka untuk bekerja di kota, dimana ada kemungkinan besar bahwa Anda akan ditempatkan di seluruh penjuru Indonesia, maka Anda bisa memilih instansi dari kementrian pusat.

Pilih Instansi yang Sesuai dengan Bakat dan Minat Anda!

Saat latar belakang dari jurusan Anda muncul pada berbagai macam formasi pada banyak instansi pusat dan daerah, maka Anda bisa memilih kementrian atau instansi mana yang Anda inginkan. Sehingga, Anda bisa lebih nyaman ketika sudah dierima bekerja didalamnya. Namun, untuk Anda yang baru lulus dan belum memiliki pengalaman bekerja atau masih fresh graduate, maka kini Anda bisa memilih instansi berdasarkan kepribadian Anda saat ini. Jadikan, instansi pilihan Anda sebagai rumah  yang bisa membuat Anda merasa nyaman sepanjang waktu Anda bekerja dan mengabdi untuk negara nantinya.

Formasi yang Dipilih Harus Sesuai dengan Kemampuan!

Sebenarnya memilih formasi itu tidak harus gengsi.  Bila saat bekerja dalam sebuah perusahaan swasta sebelumnya And aharus bekerja pada bidang yang menurut Anda paling terkenal di antara dari yang lainnya, kini Anda harus memilih formasi CPNS ini berdasarkan kemampuan Anda. sebaiknya perhitungkan peluang Anda juga agar Anda bisa lolos.

Bagaimanapun juga, bekerja bersama dengan aparatur negara itu berbeda sekali dengan bekerja di sebuah perusahaan swasta ataupun bekerja di badan yang lain. Maka dari itulah, salah satu tips memilih formasi cpns adalah dengan memperhitungkan dari prestasi dan juga pengalaman Anda.

Pertimbangkan Jurusan yang Dipilih dan Jumlah Formasi yang sedang Dibutuhkan!  

Bila Anda sudah menentukan instansi pilihan Anda, maka Anda harus memilih formasi berdasarkan jumlah peluang yang banyak untuk jurusan Anda. anda harus mempertimbangkan juga tentang jumlah pesaing Anda dari jurusan yang lain dan jumlah formasi yang sedang dibutuhkan.