Tips Mencegah Bau Mulut ketika Puasa Ramadhan

Tips Mencegah Bau Mulut ketika Puasa Ramadhan – Besok adalah hari pertama Anda untuk berpuasa. Tentu saja hal ini membuat tubuh Anda harus beradaptasi kembali dengan rutinitas harian Anda. Salah satu permasalahan yang sering terjadi ketika sedang berpuasa  adalah masalah bau mulut. Hal ini dikarenakan tubuh tidak terisi oleh makanan. Sehingga, hal ini bisa menimbulkan masalah bau mulut.

Baca juga :  Resep Membuat Roti Sobek Berserat dengan Teflon

Karena memang tidak dapat dipungkiri bila salah satu musuh utama saat sedang berpuasa adalah masalah bau mulut. Masalah bau mulut ini bisa teradi dikarenakan kondisi mulut yang sedang kering. Namun, selain masalah mulut yang kering, ada juga hal lain yang menyebabkan mulut menjadi bau. Meskipun begitu, jangan sampai hanya karena Anda tidak tahu bagaimanakah tips mencegah bau mulut ini membuat Anda menjadi malas ketika menunaikan ibadah puasa saat bulan Ramadhan.

Tips Mencegah Bau Mulut ketika Puasa Ramadhan

Tips Mencegah Bau Mulut saat Berpuasa

Di bawah ini adalah beberapa tips mencegah bau mulut ketika sedang berpuasa agar Anda bisa semakin percaya diri saat bersosialisasi dengan orang-orang ketika sedang berpuasa, antara lain:

Pertama, sebaiknya jagalah kebersihan mulut dengan baik. Meskipun hal ini sepertinya terlihat klise. Namun, ternyata salah satu cara utama agar dapat mengatasi masalah bau mulut ini adalah harus selalu menjaga mulut supaya bisa tetap bersih. Selalu pastikan juga untuk menyikat gusi, gigi, dan juga menyikat lidah Anda sesudah makan sahur dan setelah berbuka puasa. Bila sudah, lanjutkan pula dengan memakai dental floss supaya tidak ada makanan yang tersisa dan terselip di bagian gigi. Kemudian, lanjutkan pula dengan berkumur memakai larutan penyegar supaya kuman yang terdapat di dalam mulut bisa tertuntaskan, dan nafaspun menjadi lebih segar.

Kedua, sebaiknya jangan merokok. Karena merokok itu bisa menyebabkan nafas yang menjadi tidak segar. Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan bau mulut yang lebih buruk. Karena mulut terasa lebih kering dari biasanya. Jadi, setelah selesai sahur, usahakan untuk tidak merokok. Begitu juga ketika selesai berbuka puasa. Karena merokok akan membuat bau mulut Anda menjadi semakin tidak segar lagi.

Ketiga, sebaiknya jagalah pola makan yang lebih teratur. Ketika sedang berpuasa, pastikan agar Anda tidak mengkonsumsi beberapa makanan yang mempunyai aroma bau yang menyengat. Selain itu, pastikan juga untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Dengan begitu, kebutuhan akan mineral dan vitamin di dalam tubuh menjadi terpenuhi. Otomatis dengan terpenuhi kebutuhan akan keduanya dengan baik, hal ini akan membuat masalah bau mulut bisa teratasi dan dihilangkan.

Ke-empat, cobalah untuk selalu mengecek masalah kesehatan pada gigi Anda. pastikan agar Anda selalu melakukan pengecekan gigi dan pengontrol pada gigi Anda menjelang bulan Ramadhan. Hal ini efektif sekali sebagai salah satu tips mencegah bau mulut dengan baik. Sehingga, mulut menjadi selalu sehat dan nafaspun menjadi lebih segar. Kadang-kadang, masalah bau mulut ini bisa terjadi karena adanya bakteri dan kuman dari gigi yang sedang berlubang.

Maka dari itulah, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan gigi Anda dengan baik. Jangan sampai gigi Anda berlubang. Karena selain bisa menyebabkan nyeri pada gigi, gigi berlubang ini juga bisa menyebabkan terjadinya masalah bau mulut. Sehingga, hal ini bisa berdampak buruk ketika Anda sedang berpuasa. Karena saat sedang berpuasa, mulut semakin kering, sehingga bau mulut semakin bermasalah lagi.