Tips Mengeluarkan Dahak pada Tenggorokan Alami

Tips Mengeluarkan Dahak pada Tenggorokan Alami – Batuk adalah salah satu masalah yang dialami oleh setiap makhluk hidup. Entah itu dimulai dari batuk yang ringan sampai dengan yang berat. batuk ini dapat terjadi karena tersedak dan juga tenggorokan yang sedang gatal. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya batuk. Yaitu, karena alergi debu dan alergi binatang.

Ini adalah faktor penyebab terjadinya batuk ringan.

Baca Juga :Tips Menimbang Berat Badan Paling Akurat

Sedangkan untuk batuk yang berat merupakan batuk yang terjadi secara terus-menerus tanpa ada henti. Penyebabnya bisa terjadi karena adnaya sejumlah penyakit yang tidak disadari sedang berkembang dalam tubuh. Misalnya saja karena gejala ISPA, TBC, bronkitis, dan penyakit paru-paru yang lain.

5-mesin

Sayangnya, banyak sekali penderita yang sering meremehkan masalah batuk ini. Padahal, dengan batuk, maka ini bisa dijadikan sebagai pertanda bahwa tubuh sedang dalam kondisi yang sakit. Jenis batuk itupun terbagia tas bermacam-macam. Yaitu, batuk berat, batuk kering, dan batuk berdahak. Dahak merupakan cairan kental berwarna hijau kekuning-kuningan, seperti ingus yang asalnya dari paru-paru dalam tubuh yang disebabkan karena infeksi dalam tubuh.

Ada beberapa penderita yang bisa mengeluarkan dahak dengan mudah. Namun, ada juga yang kesulitan dalam mengeluarkannya. Sehingga, hal ini membuat pernafasan menajdi bermasalah dan akhirnya timbulah penyakit kepala pusing. Dahak yang sudah parah ini akan membuat tenggorokan menjadi merasa sakit dan gatal. Bahkan, dahak yang selalu keluar setiap kali sedang batuk akan membuat Anda harus keluar masuk ke toilet atau wastafel hanya untuk meludahkan dahak ini.

Tips Mengeluarkan Dahak secara Alami

Maka dari itulah, jika Anda ingin mengeluarkan dahak dengan mudah, sebaiknya lakukan beberapa hal di bawah ini agar bisa mengeluarkannya secara alami, antara lain:

Minum Air yang Banyak

Umumnya dahak bisa susah keluar dikarenakan teksturnya terlalu kental. Hanya dengan mengkonsumsi air putih yang banyak, maka ini akan membantu dahak agar lebih encer. Selain itu, air putih juga berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang keluar dikarenakan sering sekali mengeluarkan dahak. Maka dari itulah, jika Anda mengalami batuk berdahak, sebaiknya minum air putih yang cukup.

Makan Bawang Putih

Salah satu cara yang lain agar dahak bisa dikeluarkan tanpa minum obat adalah dengan mengkonsumsi bawang putih secara langsung. karena, bawang putih itu sendiri bisa berguna sebagai agen anti bakteri dan juga anti jamur yang bisa membasmi bakteri penyebab dari datangnya dahak dengan mudah dan cepat.

Pakai Daun Mint

Daun yang popular dengan khasiatnya untuk pelega tenggorokan ini ternyata cukup efektif untuk mengeluarkan dahak secara alami. Caranya adalah, seduh sejumlah daun mint yang telah dicuci bersih sebelumnya. Kemudian, minum secara rutin.

Hirup Uap Air Hangat Minyak Kayu Putih

Cara terbaik untuk membuat dahak bisa dikeluarkan dengan mudah adalah dengan menghirup uap air yang masih hangat yang dicampur dengan cairan minyak kayu putih. Cukup teteskan beberapa minyak kayu putih ke air panas. Setelah itu, hirup uapnya. Maka dahak akan segera keluar dengan cepat.

Perbanyak  Minum Air Hangat

Dengan lebih sering mengkonsumsi air hangat akan membuat lendir yang mengendap segera encer. Sehingga, lendir yang terdapat di dalam tenggorokan bisa segera dikeluarkan dengan cepat. Disamping dengan mengkonsumsi air putih yang masih hangat, Anda juga bisa mengkonsumsi teh hangat, lemon tea hangat, wedang jahe hangat, ataupun mint tea hangat. Beberapa minuman ini mengandung antiseptik dan juga dekongestan alami yang dapat mengeluarkan dahak dengan mudah.