Tips Mengobati Diare Akut pada Anak berdasarkan WHO

Tips Mengobati Diare Akut pada Anak berdasarkan WHO – Salah satu penyakit dan permasalahan yang bisa membuat kegiatan sang anak menjadi terhambat adalah masalah penyakit diare. Ketika penyakit ini mulai menyerang orang dewasa, tentu saja penyakit ini begitu menyiksa sekali. Jadi, bisa Anda bayangkan sendiri bagaimana jadinya bila diare ini menyerang pada anak-anak? Sudah pasti, anak-anak juga akan menjadi lebih lemas bila tidak segera ditangani dengan cara mengobati diare akut pada anak yang pas dan tepat.

Baca Juga : Resep Soto Lamongan untuk Berbuka Puasa

Umumnya, diarea yang terjadi pada anak ini bisa saja terjadi dikarenakan oleh jamur, infeksi diarea, intoleransi terhadap makanan, dan mengalami peradangan pada saluran cerna. Diare yang terjadi pada anak ini juga kerap terjadi dikarenakan oleh adanya virus dan juga paparan dari rota virus yang ada kaitannya dengan kebersihan makanan, kebersihan tangan, kebersihan air, dan juga kebersihan dari tempat tinggal.

Tips Mengobati Diare Akut pada Anak berdasarkan WHO

Ketika anak sedang mengalami masalah diare, tentu saja orang tua menjadi langsung bingung. Apalagi bila permasalahan ini sudah sampai menjadi masalah diare yang akut. Bila tidak segera ditangani dengan cara yang tepat, diare bisa menjadi makin parah dan berakibat terjadinya kematian. Untuk kematian itu sendiri umumnya bisa saja terjadi karena diare ini akan membuat tubuh menjadi dehidrasi. Sehingga, anak atau orang dewasapun bisa mengalami kematian bila tidak segera diatasi dengan baik.

Selanjutnya, berbicara tentang diare secara umum itu sendiri terbagi atas 2 macam jenis. Yaitu diare akut dan juga diare melanjut atau disebut juga dengan diare kronis. Diare akut itu sendiri umumnya terjadi selama kurang dari 14 hari saja. sedangkan, untuk mereka yang sudah menjadi diare kronis itu adalah orang yang mengalami masalah diare sampai dengan lebih dari 14 hari. Nah, sebagai orang tua yang terbaik, sudah seharusnya agar Anda selalu menyimak sebanyak 5 pilar untuk tata laksana cara mengobati diare akut pada anak berdasarkan panduan dari WHO berikut ini, antara lain:

Pertama, rehidrasi. Ini adalah sebuah cara dimana sang anak akan diberiakn cairan yang cukup agar bisa mengatasi masalah dehidrasi yang disebabkan oleh diare ini.

Kedua, pemberian zink atau seng. Dengan pemberian nutrisi inilah akan membuat vili usus yang dimiliki anak menjadi segera diperbaiki dari kerusakan akibat dari diare yang sedang terjadi saat ini.

Ketiga, pemberian nutrisi yang tepat. Dalam hal ini, sudah seharusnya bila nutrisi anak selama sedang mengalami masalah diarea ini harus tetap dijaga. Jangan sampai anak kekurangan nutrisi, karena saat inilah bisa jadi anak akan mengalami masalah dehidrasi yang bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Ke-empat, pemberian antibiotik. Hal ini dilakukan dengan cara selektif untuk kasus dan permasalahan diare yang disebabkan oleh hal-hal tertentu saja.

Kelima, harus diberikan sebuah edukasi kepada orang tua tentang tanda-tanda dari dehidrasi pada anak dan selalu menjaga kebersihan dari apa saja yang berhubungan dengan anak.

Dalam kasus diare yang sudah kronis itu sudah seharusnya dibutuhkan evaluasi yang lebih lanjut lagi kepada dokter. Karene penyebab dari diare kronis itu ada banyak. Sehingga, harus segera diketahui penyebabnya dulu dari awal. Agar nantinya sang anak segera mendapatkan proses penanganan yang paling tepat dalam kondisinya saat ini. Setidaknya, Anda bisa segera mengobati diare akut pada anak bila Anda tahu penyebabnya terlebih dahulu.