Cara Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit

Cara Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit – Dengan semakin berkembangnya market place yang ada saat ini, hal ini membuat proses transaksi online semakin tidak bisa dihindari. Selain lebih mudah dan efisien, berbelanja secara online juga dinilai lebih simple dan praktis dari pada berbelanja secara langsung di toko offline.

Cara Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit

Hal ini berlaku sama untuk pemegang kartu kredit. Banyak di antara dari mereka  yang gemar sekali berbelanja secara online menggunakan kartu kredit. Namun meskipun begitu, ternyata banyak juga yang tidak tahu bagaimana cara bertransaksi online menggunakan kartu kredit yang benar. Sehingga, pengajuan mereka menjadi ditolak. Hal ini karena mereka tidak tahu tentang nomor CVC atau nomor CVV itu apa.

Padahal, yang namanya CVC atau CVV ketika Anda sedang diminta nomor ini ketika berbelanja secara online adalah sebagai keamanan pembayaran online dan elektronik menggunakan kartu kredit. Fitur keamanan ini diletakkan pada Mastercard dan VISA. Fitur keamanan yang seperti ini sudah dipakai Mastercard dari tanggal 1 Januari 1997. Sementara VISA baru menerapkan pemakaian kode CVV ini di tahun 2001 yang lalu sampai dengan sekarang.

Selanjutnya, barulah menginjak di bulan Oktober tahun 2003, kemudian pemakaian kode CVC dan CVV kartu kredit ini semakin marak sekali. Bank yang menyediakan kartu kredit lebih percaya terhadap proses transaksi online yang dilakukan dalam jumlah uang yang cukup besar. Sehingga, bila tidak menyertakan kode CVC dan CVV yang ada di kartu kredit itu bisa membuat proses transaksi Anda langsung ditolak begitu saja.

Lebih parahnya lagi adalah, bila sampai Anda tidak menyertakannya atau bahkan memasukkan kode yang salah, kartu kredit Anda bisa secara langsung diblokir oleh pihak bank penyedia kartu ini. Ini merupakan sebuah tindakan pencegahan atau preventif yang secara sengaja dibuat oleh bank yang menjamin transaksi ini. Sehingga, tidak terjadi kejadian kriminal dikarenakan oleh kartu kredit.

Yang pasti, nomor CVC dan CVV dalam kartu kredit ini sebenarnya bukan sebuah nomor rahasia dari kartu kredit Anda. Karena nama lain dari kode CVV ini sebenarnya adalah sebagai card security code atau CSC atau sebagai nomor CVV2. Lebih lengkapnya akan kami berikan sebuah cara agar transaki online Anda bisa berjalan dengan lancar menggunakan kartu kredit, antara lain:

Card Type

Ketika Anda diminta untuk mengisi form, maka dalam kolom card type ini sebaiknya masukkan saja jenis kartu kredit yang Anda gunakan tersebut. Bisa memakai mastercard ataupun memakai VISA.

Card Number

Dalam kolom ini, Anda diminta untuk memasukkan angka dari kartu kredit Anda.

Card Holder Name

Dalam kolom ini Anda harus memasukkan nama lengkap dari pemegang kartu kredit ini dengan benar. Jika tidak maka proses transaksi online akan langsung ditolak.

Expiration Date

Ini merupakan sebuah tanggal kadaluarsa dari kartu kredit Anda tersebut. Biasanya letak dari expiration date ini berada di bagian depan dari kartu kredit Anda.

CID atau CID Number

CID ini disebut juga dengan card identification, ini berada dalam bagian kartu kredit milik Anda.

Itu tadi adalah sedikit penjelasan tentang bagaimana agar proses transaksi online Anda bisa berjalan dengan lancar menggunakan kartu kredit secara online. tentunya cara di atas akan cukup membantu bagi mereka yang tidak begitu paham dengan pemakaian kartu kreditsecara online dan beberapa istilah yang ditanyakan ketika mengisi form kartu kredit dalam proses transaksi itu.