Tugas Dan Tanggung Jawab Seorang Teller Bank

Kali ini saya akan membahas tentang tugas dari seorang Teller Bank apa saja, kita mulai saja pembahasannya.

#1. Teller adalah salah satu tugas atau pekerjaan setiap harinya dan berhadapan dengan nasabah dan masyarakat umum.

Bank harus memilih petugas yang bakal ditunjuk sebagai salah satu Teller dengan melihat cara kerjanya.

Sikap dan kelakuan terhadap nasabah dan masyarakat umum, dengan cara tidak langsung akan mencerminkan satu reputasi dan keadaan bank.

 

#2. Pada keperluan sehari-harinya, teller juga dilengkapi dengan uang tunai dan jumlahnya pun cukup keperluan satu harian transaksi yang norma.

Untuk menjadi salah satu tindakan preventif bank, Seorang Teller harus juuga dilengkapi dengan (Bait Money) dengan uang pecahan dan nominal yang tertentu.

Teller juga mencatat nomor2 seri pada uang tersebut, dan catatan yang sudah disimpan oleh Head Teller. Selain juga uang tunai, pada setiap teller juga dilengkapi dengan satu mesin validasi atau (Tellers Stamp).

Display computer dan kotak uang agar dapat menyimpan benda2 tersebut ataupun benda2 yang lain yang harus disimpan didalamnya, tidak hanya uang tunai saja.

 

#3. Semua slip, warkat dan check yaitu salah satu tanda terima atau pemberitahuan secara resmi bahwasannya dokumen dokumen tersebut sudah diterima ataupun diproses oleh pihak bank dengan cara melalui Teller yang bersangkutan.

Tanda-tanda yang tertera di mesin Validasi mengambarkan yaitu >> Nama” BANK STIEP…, Tanggal, Jam, Dokumen Diterima dan nomor Code teller.

 

#4. Setiap pembayaran atau kas (Penerimaan Tunai) harus dilakukan oleh Teller, kecuali dalam pembayaran yang berhubungan dengan personalia dan pengeluara Kas Kecil.

 

#5. Uang tunai juga selain disimpan di dalam kotak uang Teller, harus disimpan dan berada didalam (CasH Compaertment) Di salah satu rungan yang bernama Vault Utama (VU).

Cash Compartment yang berupa brankas ataupun lemari baja yang sudah dilengkapi dengan kunci dan nomor Code. Uang Chas di dalam Compartment yang dipegang oleh Head Teller dan Cas Officer sebagai tanggung jawab.

Inilah Tentang Tugas Dan Tanggung Jawab Seorang Teller Bank

Tugas Dan Tanggung Jawab Seorang Teller Bank
Tugas Dan Tanggung Jawab Seorang Teller Bank

 

#6. Tukar menukar Duit (uang), untuk menghitung uang yang dilakukan dalam Vault Utama, Teller’s Counter, ataupun tempat yang lain dan sudah mendapat persetujuan yang tertulis dari Instruktur.

 

#7.Taller harus melakukan pembayaran atau penerimaan uang tunai di counternya masing-masing. Counter ini juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan atau laci penyimpanan agar dapat menyimpan uang atau benda yang berharga lainnya selama berkerja.

Tempat tempat penyimpanan uang ini dilengkapi dengan konci atau kode, dan anak kuncinya hanya disimpan atau dipegang oleh Teller yang bekerja.

Teller juga tidak diperkenankan unutk meninggalkan Counter selama pada waktu ia bekerja. Teller juga harus terpaksa meninggalkan posisi yang mana harus mengunci laci laci counter yang di dalamnya terdapat benda benda yang berharga.

Dalam ruangan Teller Counter tidak untuk dibenarkan dalam keadaan kosong selama di dalam ruangan itu terdapat benda benda yang berharga.

Maksimalnya harus ada 1 orang Teller yang bertahan di dalam rungan tersebut. Ruang Teller atau Teller Counter harus bebas dari benda benda yang berharga milik Bank pada saat terakhir hari sehabis aktifitas yang ia lakukan.

 

#8. Untuk masuk kedalam ruangan Teller Counter kamu harus dipasangi Alat (Self Locking) dan apabila pintu dibuka, dan akan menutup dengan sendirinya atau Otomatis.

Ruangan Teller Counter harus terkunci selalu walaupun ada benda benda berharga didalam ruangan tersebut, dan untuk karyawan yang lain tidak diizinkan untuk masuk kedalam ruangan tersebut.

 

#9. Teller yang memerlukan tambahan uang Chas, ia dapat memintanya denganTeller-Teller ataupun kepada Head Teller.

Permintaan uang Chas atau tunai pada Teller lain ataupun yang bernama Head Teller, dilakukan dengan menggunakan atau mengisi formulir (Teller’s Exchange) “Contohnya Formulir Nomor. 6012.01” yang dipersetujui atau diparaf oleh Head Teller.

 

#10. Teller juga dilengkapi dengan satu set kartu contohnya tanda tangan yang akan dipakai untuk mencocokkan tanda tangan yang di atas (HOUSE CHECK) yang cairkan melalui Counter.

Hanya seorang Teller saja yang diperbolehkan untuk memegangnya, melihat satu contoh kartu yang sudah ditandatangi dan sudah berada di teller ini.

Baca Juga Artikel Lainnya Disini Cara Mengetahui Siapa Yang Transfer Ke Rekening Kita Bca

Itulah tadi sekilas tentang tugas tugas teller di suatu bank, lebih dan kurang saya mohon maaf, dan apabila ada kesalahan kata atau tulisan yang saya buat mohon dimaafkan, semoga apa yang saya beritahu ini dapat menambah pengetahuan anda semua.

(Credit By : Ikbal Fikri)