Resep Membuat Tumis Terong Teri Cabai Ijo

Resep Membuat Tumis Terong Teri Cabai Ijo – Resep masakan Tumis Terong Teri Cabai Ijo yang satu ini merupakan salah satu resep masakan yang oke punya untuk disajikan ke dalam hidangan dalam menu utama. Untuk waktu memasak yang dibutuhkan adalah selama 30 menit. Dimana untuk proses persiapannya dibutuhkan waktu selama 20 menit, sedangkan untuk waktu memasaknya hanyalah selama 10 menit saja.

Tumis Terong Teri Cabai Ijo

Bahan-Bahan

  • Terung ungu sebanyak 3 buah atau berukuran sebanyak 400 gr.
  • Daun salam 2 lembar.
  • Gula pasir ½ sendok teh.
  • Ikan teri jengki 50 gr.
  • Setangkai serai, yang telah dimemarkan.
  • Garam ¾ sendok teh.
  • Daun jeruk 5 lembar.
  • Minyak goreng 3 sendok makan, untuk menumis.

Bumbu Kasar

  • Bawang merah 6 butir.
  • Tomah hijau yang kecil, 1 buah saja.
  • Cabai hijau yang besar, 6 buah saja.
  • Bawang putih 2 siung.

Cara Membuat Tumis Terong Teri Cabai Ijo

  1. Bersihkan dulu semua bahan yang harus disiapkan tadi sebelumnya. Khususnya adalah terong ungu. Bila sudah bawalah semua bahan tadi, kecuali teri jengki.
  2. Agar dapat membersiikan terong ini, maka kucurkan saja terong tersebut di bawah air yang sedang mengalir. Sehingga, terong menjadi benar-benar bersih. Setelah itu, remas-remas saja secara perlahan supaya kotoran terong tersebut dapat benar-benar dibersihkan sampai merata bersihnya.
  3. Bila sudah, bersihkan juga semua bahan yang lain sampai kotorannya semuanya tersebut terangkat dan berhasil dibersihkan sampai merata.
  4. Potong lagi terong dengan ukuran panjang 4 cm sampai dengan 5 cm. Atau bisa juga dengan cara belah terong menjadi beebrapa bagian, setelah itu masukkan pada wadah, dan sisihkan untuk sementara waktu.
  5. Siapkan sebuah wajan penggorengan, dan masukkan minyak goreng ke dalam wajan penggorengan tersebut.
  6. Panaskan saja minyak gorengnya sampai panas merata.
  7. Kemudian, goreng terongnya sambil dibolak-balik sampai layu dan matang hingga merata, setelah itu angkat dan langsung tiriskan saja.
  8. Lanjutkan hal tersebut dengan cara menggoreng ikan teri jengkinya pakai minyak bekas dari menggoreng terong tadi sampai berubah warna menjadi kecoklatan, sebagai bukti bahwa ikan ini telah matang sampai merata, lalu angkat dan tiriskan pada wadah yang terpisah.
  9. Selanjutnya, panaskan minyak penggorengan ke dalam sebuah wajan penggorengan untuk menumis bumbunya.
  10. Bila minyaknya sudah cukup panas, lanjutkan saja dengan cara menumis bumbu yang telah ditumbuk kasar tadi ke dalam wajan penggorengan ini. Kemudian, tambahkan juga daun salam beserta serai dan daun jeruknya, sambil diaduk-aduk sampai aromanya tercium harum dan sedap.
  11. Setelah itu, tambahkan saja terong yang telah Anda masak sebelumnya tersebut ke dalam tumisan ini. Namun, masukkan saja terongnya tersebut secara perlahan-lahan. Tapi, Anda harus hati-hati. Jangan sampai terongnya menjadi hancur.
  12. Kemudian, tambahkan pula gula pasir dan garam ke dalam tumisan ini supaya cita rasanya makin lezat dan nikmat.
  13. Barulah setelah cocok, maka masukkan juga ikan terinya ke dalam tumisan ini.
  14. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata dan bumbunya berhasil meresap ke dalam semua bahan tersebut sampai merata.
  15. Bila sudah matang, segera angkat sajian ini.

Kini, Tumis Terong Teri Cabai Ijo telah siap untuk disajikan ke dalam sebuah piring saji. Anda bisa menyajikannya bersamaan dengan masakan tumisan yang lainnya juga agar rasanya semakin lebih nikmat lagi.