Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak yang Simple

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak yang Simple – Pada dasarnya yang menjadi salah satu penyebab paling utama kenapa kulit wajah bisa berminyak adalah karena faktor genetik dari orang itu sendiri. Namun, selain kulit berminyak dipengaruhi oleh kadar hormon, ternyata kulit wajah berminyak juga bisa terjadi karena kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung cafein dan membuat kulit makin berminyak. Maka dari itulah, dibutuhkan sebuah cara merawat kulit wajah berminyak yang baik dan benar, agar kulit wajah terhindar dari masalah akibat dari kulit yang berminyak.

Baca Juga : Tips Memilih Masker Wajah sesuai Jenis Kulit

Misalnya saja, seperti masalah jerawat dikarenakan kotoran yang menumpuk semakin banyak. Namun meskipun begitu, ternyata wanita yang mempunyai kulit wajah yang berminyak itu lebih jarang terkena masalah keriput. Karena itulah, wajahnya menajdi lebih muda dari biasanya. Tak heran bila wanita Korea lebih suka menggunakan make up yang lembab. Karena kulit berminyak ini bisa menandakan bahwa kulit telah terhidrasi dengan sangat baik.

Namun, bila Anda tidak nyaman dengan itu, maka Anda bisa melakukan beberapa cara merawat kulit wajah berminyak, seperti yang ada di bawah ini:

Cuci Wajah Menggunakan Sabun yang Benar

Anda harus mencuci wajah yang benar bila ingin merawat kulit wajah yang berminyak. Selain memakai sabun yang benar, pakai air hangat untuk mengangkat kelebihan minyak di wajah. Air hangat jauh lebih baik dari penggunaan air yang dingin. Sebaiknya, pilih saja sabun wajah yang khusus untuk wajah berjerawat dan berminyak dengan kandungan berupa oil free atau bebas minyak. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menggunakan sabun yang memiliki kandungan triclosan atau benzoil peroksida untuk membunuh semua bakteri penyebab dari kemunculan jerawat. Bila perlu, pijat wajah Anda saat sedang dicuci selama 3 menit, lalu bilas sampai bersih sampai tidak ada yang tersisa sabunnya.

Pilih Toner Wajah Bebas Alkohol

Masalah kulit wajah berminyak ini bisa membuat pori-pori wajah menjadi lebih lebar. Karena produksi sebum wajah makin meningkat. Maka dari itulah, kini Anda bisa mengatasi por-pori yang besar ini menggunakan toner wajah yang bebas alkohol. Jangan memilih toner wajah yang oil based, karena ini bisa membuat wajah makin berminyak. Pilih saja toner yang memiliki kandungan dasar berupa air, dan formula yang bisa membuat pH kulit menjadi seimbang. Untuk mengecilkan pori-pori wajah, Anda bisa memilih toner yang mengandung salicylic acid atau zinc gluconate. Namun, bila Anda ingin menggunakan bahan alami, maka cara merawat kulit wajah berminyak adalah bisa memakai ekstrak dari lemon atau dari jeruk nipis.

Jangan Lupa Pakai Pelembab

Ternyata kulit wajah yang berminyak itu juga butuh pelembab untuk membuat kulit menjadi lebih terhidrasi. Sehingga, kulit menjadi lebih sehat, awet muda, kenyal, dan terhindar dari penuaan dini. Namun, sebaiknya pilih pelembab yang bebas oil dan mengandung water based moisturizer, untuk menghindari kelebihan sebum saat menggunakannya.

Pakai Masker Wajah secara Rutin

Masker wajah adalah salah satu perawatan rutin yang harus dilakukan, untuk pemilik kulit wajah berminyak. Sebaiknya, pilih yang mengandung mint dan lemon untuk menyerap minyak yang berlebihan pada wajah. Karena kandungannya bisa menenangkan kulit wajah yang meradang karena bakteri dan jerawat. Selain itu, di dalam masker ini juga bisa menyerap kelebihan minyak pad awajah dengan baik.