Yakin Kredit Rumah Syariah Di Bekasi Lebih Murah? Simak Artikel Ini Dulu!

Yakin Kredit Rumah Syariah Di Bekasi Lebih Murah? Simak Artikel Ini Dulu! – Saat ini, program kredit rumah syariah di Bekasi ini menjadi sangat popular di kalangan masyarakat. Hal ini karena dinilai sangat membantu sekali untuk orang-orang yang ingin punya rumah sendiri. Untungnya, kini ada banyak pilihan kredit rumah yang syariah yang bisa dipilih.

Yakin Kredit Rumah Syariah Di Bekasi Lebih Murah? Simak Artikel Ini Dulu!

Kredit rumah yang syariah ini umumnya disediakan pihak bank syariah. Di dalam konsepnya, angsuran KPR yang diberikan untuk kredit rumah syariah di Bekasi ini memang sepintas terlihat dan terasa jauh lebih murah. Karena kredit rumah ini tidak memberikan bunga. Beda sekali dengan kpr yang konvensional, dimana ada banyak sekali macam bunga yang ditawarkan. Ada yang flat, anuitas, dan ada juga yang efektif.

Baca juga: Tips Mengajukan Kredit Rumah Lewat Bank Btn

Sementara untuk kpr yang syariah ini tidak ada bunganya. Lalu, dari manakah pihak bank bisa mendapat keuntungan dari kpr ini bila tidak ada bunga? Tentu ini sudah dipikirkan dengan matang-matang oleh pihak bank. Karena konsepnya ini berlaku ke dalam sebuah perjanjian kredit, yaitu murabahah atau sebuah aktivitas jual beli. Jadi, keuntungan didapat dari margin penjualannya.

Konsep ini lebih berfokus pada keterbukaan di antara kedua belah pihak saat sedang bertransaksi. Jadi, baik bank dan nasabahnya harus sama-sama sepakat dengan nominal margin yang telah ditetapkan. Dalam hal ini, nasabah akan memberikan informasi seputar harga rumah yang diinginkan kepada pihak bank syariah.

Bila disetujuai, maka bank tersebut akan membeli rumahnya dan menambahkan margin ke dalam skema angsuran para nasabahnya. Misalnya saja dengan harga rumah senilai 400 juta rupiah. Maka, dengan peraturan terbaru untuk minimal pembayaran uang muka kpr adalah sebesar 15% dari harga jual rumah. Itu artinya nasabah harus membayar sebanyak 60 juta rupiah untuk uang muka. Sehingga, bank syariah tinggal membiayai sebesar 340 juta rupiah saja.

Dengan menggunakan prinsip murabahah inilah, bank nanti pihaknya akan membeli rumah tersebut senilai 340 juta rupiah. Bila margin yang ditetapkan bank sebesar 10% dalam waktu 15 tahun. Maka itu artinya, angsurah yang harus dibayar adalah sebesar

(Harga yang telah dibayar oleh bank x (laba bank x tahun lama angsuran atau tenornya) + Harga yang dibiayai oleh bank) : 180 bulan tenor (15 th)

= (( 340 juta x ( 10% x 15 )) + 340 jt ) : 180 bulan

= 4.722.222 rupiah per bulan selama 15 th. Namun meskipun begitu, sejumlah bank syariah ini punya aturan program kredit rumah syariah di Bekasi yang marginnya kecil dalam 2 tahun yang pertama, kemudian akan menjadi lebih besar pada tahun selanjutnya. Misalnya saja untuk 2 th pertama marginnya sebesar 8%, maka setelah 2 th margin berubah menjadi 12 %. Namun, margin itu sifatnya tetap, meskipun suku bunga sedang turun di pasaran.

Karena angsuran yang ditetapkan oleh kredit rumah syariah di Bekasi ini adalah tetap, hal ini sering kali disebut-sebut oleh sebagian besar orang menjadi kredit rumah yang lebih murah bila dibandingkan dengan cara yang konvensional. Meskipun, untuk kpr konvensional tersebut telah menetapkan skema bunga yang tetap, atau disebut juga dengan fixed rate.

Itu tadi adalah sedikit penjelasan tentang program kredit rumah syariah di Bekasi. Semoga cukup membantu untuk Anda.